Kawasan Panjunan Disiapkan Menjadi Destinasi Kampung Arab di Kota Cirebon

Kawasan Panjunan Disiapkan Menjadi Destinasi Kampung Arab di Kota Cirebon

CIREBON - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon mematangkan proses pembentukan destinasi wisata Kampung Arab.

Program tersebut masuk kategori prioritas Pemda Kota Cirebon pada 2023 mendatang.

Pembangunan  melibatkan tiga RW, yakni di RW 4, RW 5, dan RW 8 di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19 Tingkat Okupansi Wisata Kota Cirebon Meningkat

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya SSos mengatakan, dalam perencanaan pembangunan Kampung Arab Panjunan, ada rencana fisik dan non-fisik.

“Ada rencana fisik atau infrastruktur dan non-fisik berupa kegiatan-kegiatan. Prosesnya kita mulai dari sekarang untuk memetakan potensi yang dimiliki warga setempat,” jelasnya, Selasa (19/4/2022) sore.

Agus menambahkan, ada tiga klaster yang sudah ditetapkan untuk mendukung program pembentukan Kampung Arab, yakni klaster oleh-oleh, kuliner, seni budaya, dan religi.

“Untuk mendukung itu, kami secara intensif berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat. Baik tokoh, seniman, budayawan, sejarawan, pelaku usaha, sampai kelompok anak muda dan komunitas,” ungkap Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: